Snack hingga Makan untuk Acara Pemda DIY Bakal Gunakan Jasa UMKM

YOGYA, KRJOGJA.com – Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021 pasal 65 mengatur Kementrian, Lembaga dan Pemda wajib mengalokasikan anggaran minimal 40 persen untuk usaha kecil dan koperasi dari total anggaran belanja barang/jasa. Menarik, aturan tersebut dibuat untuk mendukung peran serta UMKM sekaligus membangkitkan ekonomi yang bersumber dari usaha kecil.

Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY, mengatakan hal tersebut semestinya diikuti kebijakan lanjutan di Pemda DIY agar benar-benar teraplikasi dan bisa membantu UMKM untuk bangkit. Jika hal ini diaplikasikan oleh pemda DIY ataupun pemkab/pemkot se DIY tentu akan ada belanja bernilai puluhan atau bahkan ratusan milyar Rupiah kepada UMKM.

“Belanja ini tentu akan sangat banyak membantu mengungkit perekonomian warga DIY yang sebagian besarnya dari sektor UMKM. Sebagai contoh kecil, untuk keperluan makan minum di lingkungan pemda saja sudah milyaran setahun. Jika disinergikan dengan UMKM akan sangat membantu,” ungkap Huda dalam sarasehan di DPRD DIY, Senin (10/5/2021).

BERITA REKOMENDASI