Soal Bantuan Obat Buat Pasien Isoman, Ini Jawaban Pemda DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY belum bisa membantu baik bantuan obat maupun suplemen gratis maupun membiayai pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Pihaknya baru mampu sebatas membantu memberikan pendampingan bagi pasien Covid-19 yang isoman melalui fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat saat ini.

“Bagi pasien Covid-19 yang isoman sementara memang kita pantau terus, tapi untuk DIY sementara pembiayaan memang juga masih mandiri, namanya saja isoman. Namun kita tetap melakukan pemantauan dari fasyankes terdekat baik puskesmas maupun Rumah Sakit (RS) guna memberikan bimbingan,” tutur Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana di Gedhong Pracimosono Kepatihan, beberapa waktu lalu.

Saktiyana menyampaikan pihaknya justru memaksimalkan fungsi shelter isolasi bagi pasien positif Covid-19 sejauh ini. Pemda DIY telah memfasilitasi masyarakat yang tidak bisa isoman karena kondisi yang tidak memadai. Contohnya, bagi masyarakat yang memiliki rumah kecil atau hanya memiliki satu kamar mandi, maka bisa melakukan karantina atau isolasi di fasilitas shelter yang sudah disediakan.

BERITA REKOMENDASI