Soal Bantuan Obat Buat Pasien Isoman, Ini Jawaban Pemda DIY

“Kita sediakan shelter bisa dari ormas desa, kabupaten maupun dari Pemda DIY melalui Dinas Sosial (Dinsos) DIY yang menyediakan setidaknya 78 shelter. Dinsos DIY mensupport vitamin, APD, makan minumnya atau logistik baik pasien maupun tenaga yang membantu di shelter tersebut. Setidaknya sudah ada 40 shelter yang menggunakan fasilitas bantuan dari Dinsos DIY yang tersebar di Sleman,Gunungkidul dan Bantul,” terangnya.

Komentar senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembajun Setyaningastutie MKes. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya belum mendapat obat untuk perawatan pasien Covid dari Kemenkes. Jadi dukungan yang diberikan ke shelter masih dalam bentuk vitamin.

“Instruksi menteri rencana akan dibantu obat. Namun sampai saat ini kami belum menerima dari Kemenkes . Selama ini beberapa shelter di-support vitamin. Kalau obat belum ada kiriman dari pusat,”terang Pembajun.

Pembajun menyatakan, adanya kenaikan jumlah pasien menjadikan pasien Covid-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan dirawat di shelter. Apalagi saat abupaten/kota sudah membuat shelter sebagai bentuk solusi riil dan bisa mengurangi beban RS.(Ira/Ria)

 

BERITA REKOMENDASI