Soal Lowongan CPNS Guru, PGRI Minta Pemerintah Pertimbangkan Kembali

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah memastikan, dalam lowongan CPNS, bagi tenaga pengajar atau guru mulai 2021 akan dialihkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bukan PNS. Adanya kebijakan tersebut mendapatkan reaksi beragam di masyarakat, termasuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DIY. PGRI meminta agar kebijakan tersebut dipertimbangkan kembali, mengingat masih banyak sekolah yang sampai saat ini masih kekurangan guru.

“Saya berharap pemerintah bisa mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut. Namun seandainya kebijakan tersebut tidak bisa diubah, sebagai pengurus PGRI saya berharap pemerintah bisa memberikan jaminan kesejahteraan bagi guru termasuk jaminan hari tua. Jadi apapun namanya apakah PPPK atau PNS yang terpenting kesejahteraan guru (termasuk hari tua) bisa terjamin,” kata Wakil Ketua PGRI DIY, Sudarto SPd MT di Yogyakarta, Sabtu (2/1/2021) malam.

Sudarto mengungkapkan, sebagai pengurus PGRI DIY dirinya berharap pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru. Karena meski pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan kesejahteran guru hasilnya belum sepenuhnya sesuai dengan harapan. Padahal keberadaan mereka cukup penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

BERITA REKOMENDASI