Stafsus Presiden Minta Percepat Vaksinasi Disabilitas di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia meminta Pemda DIY supaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang difabel yang ada di wilayahnya masing-masing. Sebab, disabilitas adalah kelompok rentan yang sangat rentan terpapar virus Korona sehingga diharapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus dipercepat dan diprioritaskan, termasuk di DIY.

Upaya percepatan vaksinasi bagi disabilitas ini sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan kepada Kepala Daerah maupun Sentra-sentra Vaksinasi. Hal tersebut diutarakannya usai silaturahmi dengan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X di Komplek Kepatuhan, Senin (7/6/2021).

“Kami sangat mengapresiasi sekali Pak Sultan yang mau menerima kami dalam rangka sinergitas pusat dengan pemerintah daerah terkait disabilitas. Sebagaimana arahan dan kebijakan yang sudah disahkan Bapak Presiden agar program yang telah diluncurkan terkait penyandang disabilitas tepat sasaran dan bermanfaat maka harus ada komunikasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemda,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI