Sultan Beberkan Awal Klaster Covid DIY Usai Pembatasan Lebaran

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus positif harian DIY terus naik hingga tembus 665, Minggu (20/6/2021). Dominasi kasus terjadi di Bantul, Sleman dan Gunungkidul sehingga zona merah dan oranye kini mengalami penambahan signifikan.

Zona merah dari sebelumnya 4 kini bertambah menjadi 19 sementara zona oranye naik menjadi 64. Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X seusai rapat koordinasi zoom dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kepatihan, Minggu (20/6/2021).

Sultan mengatakan usai pembatasan Lebaran, pengunjung objek wisata di DIY meluber. Alhasil, muncul klaster yang kini terus dirasakan dan menambah banyak kasus positif DIY.

“Setelah Lebaran selesai malah justru banyak yang datang ke Jogja. Parangtritis antri sampai sekian kilometer itu mayoritas mobil plat luar. Pas di mobilnya ndak masalah, tapi setelah keluar berkerumun, itu jadi masalah. Ternyata ini menimbulkan banyak klaster baik itu di Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Dari klaster itu kita lihat dalam waktu lima hari yang perhari sebelumnya 130-an jadi 200, 300, 400, 500 dan kemarin 600,” ungkap Sultan.

BERITA REKOMENDASI