Sultan Minta Bentuk Forum Asistensi Sektor Pengadaan Barang dan Jasa

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X meminta dibukanya forum asistensi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bagi para petugas pengadaan dan pelelangan barang dan jasa untuk Pemda DIY maupun Kabupaten/Kota se-DIY. Upaya pembentukkan forum asistensi KPPU di DIY ini agar menghindari terjadinya penyimpangan yang berpotensi timbulnya persaingan tidak sehat.

“Faktanya, praktiknya tidak hanya berasal dari perilaku pelaku usaha, melainkan juga lahir dari kebijakan-kebijakan yang dirancang Pemerintah. Mengantisipasi hal ini, maka fungsi dan peran KPPU diharapkan agar ikut membangun struktur ekonomi yang semakin sehat,” ujar Sultan dalam peresmian peresmian Kantor Wilayah (Kanwil) VII KPPU DIY-Jawa Tengah di Jalan Tentara Rakyat Mataram No.1 Yogyakarta, Rabu (15/9/2021).

Sultan sekaligus berharap agar KPPU bukan sekadar menjadi window dressing dan status bagi para anggotanya. Jika harapan itu bisa diwujudkan tanpa diskriminasi, maka persaingan sehat akan meningkatkan efisiensi ekonomi, melahirkan inovasi, mewujudkan iklim usaha yang kondusif dan menjamin kesempatan berusaha yang sama, dampaknya akan meningkatkan kesejahteraan.

“Untuk mencapai kondisi ini, KPPU bertugas memastikan semua sektor usaha berjalan dan bersaing secara sehat karena didukung regulasi yang bersih dan tidak memfasilitasi adanya praktik monopoli,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI