Sultan Minta Pelaku Klithih Ditangkap, Tak Peduli Usia Harus Diproses Hukum!

YOGYA, KRJOGJA.com – Peristiwa kekerasan jalanan terjadi lagi di DIY dan menewaskan seorang pelajar SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Muha) bernama Daffa Adzin Albasith (17), Minggu (3/4/2022) dinihari. Daffa meregang nyawa setelah disabet benda diduga gir di kepala bagian belakang hingga tak sadarkan diri dan meninggal dunia di rumah sakit.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta pihak berwajib untuk segera menangkap pelaku kekerasan tersebut. Sultan menilai, siapapun pelakunya apakah di bawah umur atau dewasa harus diproses menurut hukum yang berlaku.

“Saya kira karena ini pelanggaran pidana jadi harus dicari saja diproses. Itu sudah berlebihan, saya kira diproses saja secara hukum. Tidak tahu umurnya berapa. Satu-satunya cara harus berproses hukum karena dengan cara itu kita bisa mengatasi persoalan,” ungkap Sultan, Senin (4/4/2022).

Sultan menegaskan bahwa apapun yang terjadi secara hukum, nanti pengadilanlah yang akan memutuskan apa hukuman bagi pelaku. Namun para penegak hukum harus maksimal menerapkan hukuman karena hal serupa tak boleh terjadi lagi.

“Perkara nanti, bagaimana penegak hukum mencari cara bagaimana dia diproses di pengadilan. Perkara membebaskan, itu keputusan pengadilan bukan yang lain. Kalau saya itu pelanggaran hukum, bukan kenakalan anak saja tapi sudah terlalu jauh,” tegas Sultan.

BERITA REKOMENDASI