Sultan Terbitkan Ingub, PTKM Mikro Resmi Dilaksanakan

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) No 5 tahun 2021 tentang pemberlakuan PTKM berbasis mikro di DIY. Ingub No 5 tahun 2021 itu sebagai tindak lanjut dari Instruksi Mendagri No. 4 tahun 2021 tentang PPKM Mikro. Dalam Ingub ini, diinstruksikan pemberlakuan PPKM mikro hingga tingkat RT.

“Keterlibatan masyarakat hingga ke tingkat bawah ini sangat penting. Sebab penularan Covid sudah sampai ke tingkat keluarga dan lingkungan tetangga. Mudah-mudahan dengan cara ini penularan Covid-19 bisa menurun secara signifikan,” kata Sri Sultan, Rabu (10/2/2021).

Adapun saat dimintai tanggapan soal sanksi pelanggaran PTKM mikro. Sultan menyerahkan, sepenuhnya keputusan soal sanksi kepada bupati dan walikota. Karena Pemda DIY sifatnya lebih pada mengatur garis besarnya saja. Adapun untuk pengaturan detail diserahkan kepada bupati/walikota karena mereka yang lebih tahu di lapangan.

“Nanti kita minta ada Posko untuk mengontrol mobilitas masyarakat, supaya turunnya kasus covid-19 lebih besar. Adapun untuk soal sanksi silakan saja bupati/walikota. Karena kita kan hanya garis besar,” ungkap Gubernur DIY. (Ira/Ria)

BERITA REKOMENDASI