Surat Aman Covid-19 Harus Dimiliki Tempat Ibadah

YOGYA, KRJOGJA.com – Hingga saat ini sudah terdapat ratusan tempat ibadah yang mengantongi surat aman Covid-19, baik di tingkat kota maupun wilayah. Akan tetapi masih sebatas masjid, musala dan gereja. Sedangkan tempat ibadah lain belum ada yang mengajukan ke gugus tugas.

Menurut Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, dalam mengeluarkan izin didasarkan pada lingkup wilayah peribadatan. “Untuk lingkup provinsi dikeluarkan oleh DIY seperti Masjid Gede Kauman dan Masjid Gede Pakualaman. Sedangkan masjid tingkat kota oleh gugus tugas tingkat kota, dan tingkat kampung oleh kecamatan,” urainya, baru-baru ini.

Pada awalnya tempat-tempat peribadatan mengajukan surat keterangan aman Covid-19 ke gugus tugas. Selanjutnya setiap tempat ibadah harus membuat Satgas Covid-19 dan penanggungjawabnya, membuat skema dan alur protokol. Setelah persyaratan lengkap, gugus tugas melakukan verifikasi lapangan, berdiskusi dan memberikan beberapa masukan agar protokol yang dijalankan lebih maksimal.

“Ada 21 poin persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti penanggungjawab, susunan satgas, fasilitas yang digunakan untuk melalukan skrining, kapasitas 50 persen, skema alur jalan dan lainnya,” imbuh Heroe.

BERITA REKOMENDASI