Tak Ingin PTKM Diperpanjang, Okupansi Perhotelan di DIY Terus Alami Tekanan

YOGYA, KRJOGJA.com – Tingkat hunian perhotelan baik bintang maupun non bintang di DIY rata-rata baru di kisaran 19 hingga 25 persen pada pertengahan Januari 2021. Rendahnya okupansi perhotelan di DIY tersebut dampak diberlakukanya kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY sejak 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang.

Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono mengungkapkan terkait okupansi semua kelas perhotelan di DIY rata-rata masih sangat kecil di kisaran 19 hingga 25 persen saat ini. Tingkat hunian perhotelan DIY maksimal hanya mencapai 25 persen pada saat libur akhir pekan, bahkan pihaknya telah kehilangan reservasi alias pembatalan pemesanan kamar mencapai 30 persen sejak diberlakukannya PTKM di DIY.

“Okupansi perhotelan di DIY tiarap saat ini, kami sudah berjuang mati-matian hanya untuk tetap bertahan di tengah segala pengetatan dan pembatasan yang diberlakukan pemerintah. Tamu yang datang pun masih tetap mengandalkan wisatawan domestik dan lokal, hanya itu harapan kami,” papar Deddy kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Minggu (17/1/2021).

BERITA REKOMENDASI