Tampilan Baru JSS Pemkot Yogya Permudah Warga Mengadu

Masyarakat pun dengan mudah menyampaikan keluhan serta kritiknya melalui berbagai saluran media. Kondisi ini perlu disikapi dengan kehadiran bentuk layanan yang responsif serta mampu menjadi solusi atas ekspektasi masyarakat. “Fenomena netizen yang cenderung berani lugas ini harus dijawab dengan pendekatan terpadu, terintegrasi dan solusi cerdas. Kondisi ini yang kita bangun sebagai institusi pelayanan publik,” jelasnya.

Untuk itu, kesiapan infrastruktur digital menjadi prasyarat mutlak. Terutama kebutuhan listrik dan internet yang harus merata di tiap wilayah. Saat ini 98 persen rumah tangga sudah terlayani listrik serta persentase wilayah jangkauan internet 4G dan 3G mencapai 95 persen. Hal itu menjadi modal utama tumbuhnya ekosistem digital di masyarakat.

Terlebih, wifi publik yang dapat diakses secara gratis sudah mencapai 501 titik yang tersebar di berbagai sudut kota.
Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogya Tri Hastono, menambahkan pihaknya secara simultan terus melakukan pelatihan ekosistem digital di tiap kampung. Ekosistem digital tersebut harus menjadi gerakan karena infrastrukturnya sudah cukup memadai. “Keberadaan wifi publik ini harus mampu diberdayakan secara produktif. Target kami, tiap RW yang kini berjumlah 617 RW dapat terlayani wifi publik,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI