Tanamkan Nilai Pancasila Kepada Generasi Muda

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai sebuah ideologi, Pancasila merupakan sumber pedoman kehidupan. Nilai luhur dalam Pancasila berisikan tuntunan sikap dan luhur bagi kehidupan sosial.

“Leluhur bangsa Indonesia telah mempraktikkan keluhuran nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai luhur tersebut melahirkan rasa saling membutuhkan, saling menghargai, tolong menolong, mampu menyatukan perbedaan pendapat dan lainnya,” urai Dr Oktiva Anggraini SIP MSi, Dosen Prodi Administrasi publik Fisipol Universitas Widya Mataram Yogyakarta saat menjadi narasumber diskusi memperingati Hari Lahir Pancasila mengusung tema ‘Oancasila dan Implementasinya dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara’ yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY di KJ Hotel Yogyakarta, Rabu (2/6/2021).

Ditegaskannya, Pancasila sebagai ideologi sudah semestinya merasuk ke dalam diri sanubari masyarakat. Selain itu juga semestinya upaya penanaman nilai luhur Pancasila ini segera dilakukan agar ada perubahan bagi pembentukan karakter bangsa.

BERITA REKOMENDASI