Tanamkan Nilai Pancasila Kepada Generasi Muda

Sementara narasumber lain, Ki Catur ‘Benyek’ Kuncoro menyebut, adanya pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) serta Penataran P4 bagi generasi di era Orde Baru sebelumnya dirasa sangat bagus. Generasi di era tersebut mampu memahami dan melaksanakan nilai Pancasila dengan baik.

“Hanya saja memang seiring tumbangnya Orde Baru, ada pemikiran bahwa semua yang berbau Orba itu harus dihilangkan. Hal itu terjadi karena masih banyak yang tidak selalu memahami dengan pikiran jernih,” kata Ki Catur.

Pihaknya mencontohkan, banyak digambarkan melalui sosok pewayangan bahwa sebaik manusia pasti masih ada sisi gelap. Demikian juga berlaku sebaliknya.

“Sebab itu penting saat ini menanamkan nilai Pancasila dengan metode yang disukai anak jaman sekarang. Ibarat kata, ‘ngeli ning aja keli’. Harus akrab dengan kemajuan guna transformasi nilai di generasi mendatang,” jelasnya.

Narasumber lain, Prof Suhartono menegaskan bahwa setiap generasi punya persepsi tentang nilai Pancasila. Sebab itu penting pula mengetahui perjalanan Pancasila yang merupakan karya kekuatan berpikir para elite di jamannya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI