Target Penerimaan Pajak, Kanwil DJP DIY Fokus Optimalkan Pemanfaatan Data

“Kanwil DJP DIY setidaknya berhasil merealisasikan penerimaan pajak sebesar 94,98 persen atau sekitar Rp 4,7 triliun sampai dengan akhir tahun lalu dari target penerimaan pajak DIY Rp 4,9 triliun pada 2020. Diprediksi pandemi Covid-19 belum dapat berakhir tahun ini, namun target penerimaan pajak DIY tetap mengalami kenaikan 16,98 persen dari realisasi penerimaan pajak 2020 lalu menjadi Rp 5,5 triliun,” tutur Ayu kepada KRJogja.com di Yogyakarta, Rabu (17/2/2021).

Ayu menjelaskan secara umum semua sektor mengalami pertumbuhan negatif, kecuali untuk Industri Pengolahan. Kontraksi pada beberapa sektor utama mulai mereda pada triwulan IV 2020 ketika aktivitas ekonomi sudah mengalami tren kenaikan. Sebagai kota pariwisata dan pendidikan, hampir semua sektor usaha di DIY terdampak pandemi, tetapi ada beberapa sektor usaha di DIY yang tetap tumbuh positif.

“Kami memang memfokuskan upaya penggalian potensi penerimaan pajak pada sektor-sektor usaha di DIY yang tidak terdampak pandemi sebagaimana biasanya kita lakukan. Jadi dimungkinkan kebijakan penggalian potensi perpajakan di DIY pada 2021 kepada sektor yang tidak terdampak pandemi seperti sebelumnya dengan pemanfaatan data secara optimal,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI