Temuan Kasus Positif Covid, Satgas Pastikan Tak Ada Penularan di Sekolah dan Keluarga

YOGYA, KRJOGJA.com – Skrining Covid-19 tahap pertama yang menyasar penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah hampir dirampungkan. Meski sudah menemukan 26 kasus positif namun dipastikan tidak ada penularan yang terjadi di lingkungan sekolah maupun keluarga.

“Sementara ini sudah dapat 26 kasus positif. Besok skrining juga masih berjalan. Temuan kasus itu pun dari berbagai sekolah yang berbeda. Paling banyak dalam satu sekolah ada enam kasus, namun juga dari kelas yang berbeda-beda,” jelas Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, Senin (29/11/2021).

Tahap awal, skrining Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM akan digulirkan hingga Selasa (30/11/2021) hari ini. Targetnya menyasar 17 sekolah jenjang SD hingga SMA yang ada di Kota Yogya. Sedangkan sampel yang diambil sedikitnya 2.079 murid. Proses skrining pun tidak lagi menggunakan swab antigen melainkan langsung swab PCR agar hasilnya optimal.

Heroe menjelaskan, terhadap siswa yang dinyatakan positif, pihaknya juga langsung melakukan upaya tracing terhadap orang yang kontak erat. Baik dari lingkungan sekolah mulai teman sekelas hingga guru maupun lingkungan keluarganya. “Dari tracing ternyata tidak kita temukan penularan. Semua hasilnya negatif. Berarti memang tidak terjadi sebaran kasus di sekolah maupun keluarga,” imbuhnya.

Oleh karena itu, temuan hasil skrining tersebut juga bukan masuk kategori klaster karena tidak ada sebaran. Akan tetapi hal tersebut harus menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat jika Covid-19 masih ada. Sehingga penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, rajin mencuci tangan serta menjaga jarak dan mengurangi mobilitas harus tetap dikedepankan dalam kehidupan sehari-hari.

BERITA REKOMENDASI