Temukan Kasus Covid Lagi, Satgas Pastikan Tak Ada Klaster di Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – Proses skrining bagi para pelajar yang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, kembali menemukan tambahan kasus Covid-19. Kendati cukup beruntun, namun Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya memastikan tidak ada klaster di sekolah.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan setiap ada temuan kasus pihaknya langsung melakukan tracing kontak erat secara ketat. “Hasil dari tracing juga tidak ada penularan dari kasus positif yang ditemukan. Temuan-temuan dari skrining ini juga bukan klaster, tidak bisa disebut klaster,” jelasnya, Senin (6/12/2021) malam.

Skrining yang dilakukan pada pekan lalu pun kembali menemukan tambahan kasus baru. Total ada 14 kasus positif Covid-19 yang ditemukan dalam satu sekolah. Sehingga secara keseluruhan sudah ada 40 kasus Covid-19 dari proses skrining yang dilakukan sejak bulan lalu.

Terhadap 14 kasus baru dalam satu sekolah tersebut, menurut Heroe kemarin sedang dalam tahap tracing untuk melakukan testing bagi siswa, guru maupun anggota keluarga yang kontak erat.
“Temuan dalam satu sekolah ini juga bukan bagian dari klaster karena memang belum terjadi sebaran. Harapannya nanti hasil tracing juga tidak menemukan penularan yang terjadi,” urainya.

Selain itu, semua kasus baru dari hasil skrining tersebut kondisinya tidak bergejala. Siswa yang dinyatakan positif Covid-19 sama sekali tidak mengeluhkan sakit atau terlihat sehat seperti siswa pada umumnya. Justru satgas saat ini juga fokus menelusuri penyebab atau asal mula siswa tersebut terkonfirmasi Covid-19. Hal ini karena dari pihak keluarga pun seluruhnya dinyatakan negatif.

“Kami lacak sebenarnya kasusnya dari mana. Perlu dipetakan apakah kasus ini hanya terjadi di wilayah tertentu saja atau seperti apa,” tandas Heroe.

BERITA REKOMENDASI