Terapkan Prokes, Pelaku Perjalanan Diminta Siapkan Surat Sehat

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaksanaan protokol kesehatan jelang liburan Imlek di DIY membutuhkan kerjasama semua pihak baik pengelola destinasi, pengelola tempat usaha maupun wisatawan sendiri. Apabila seluruhnya bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan konsisten dan disiplin, maka diharapkan mampu menekan kasus penularan virus Corona di DIY selama libur panjang akhir pekan tersebut.

“Belum ada yang bisa mengurangi persebaran pandemi Covid-19 sampai saat ini, kecuali penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Karena intinya adalah di rumah saja, tetapi pariwisata kan tidak bisa hanya ‘stay at home’ sesuai yang telah digariskan pemerintah. Industri pariwisata kuncinya pada pergerakan atau mobilitas manusia,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo di Yogyakarta, Rabu (10/2/2021).

Singgih menegaskan, guna menekan penularan kasus positif Covid-19 di DIY dan tetap menggerakan industri pariwisata DIY memanfaatkan momentum liburan panjang Imlek, maka pelaku perjalanan benar-benar mempersiapkan diri dengan surat keterangan kesehatan bebas Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19.

BERITA REKOMENDASI