Tergolong Anggotanya, Karangtaruna Aksi Tolak Klitih

YOGYA, KRJOGJA.com – Usia pelaku klitih rata-rata adalah remaja atau anak muda, sehingga termasuk anggota karangtaruna. Maka, sebagai organisasi Karangtaruna meresponnya dengan melakukan aksi menolak segala aksi bentuk kejahatan remaja.

Aksi dilakukan dengan membagikan stiker, penandatanganan 1000 petisi yang menolak segala aksi kejahatan remaja. Aksi yang diikuti anak muda, perwakilan dari 45 kelurahan di Kota Yogyakarta berlangsung di kawasan Malioboro bersamaan Selasa Wage, Selasa (18/2/2020).

“Kegiatan ini didasari kenyataan bahwa pelaku dari aksi klithih atau kejahatan jalanan itu merupakan orang-orang karangtaruna semua. Karena dalam permensos 2019, karangtaruna adalah seluruh warga/pemuda dalam usia 13 sampai 45 tahun,” kata Ketua Karangtaruna Kota Yogyakarta Solihul Hadi SH kepada KRjogja.com.

Menurut Solihul, atas dasar fakta bahwa pelaku klitih adalah anak muda sehingga harus melakukan suatu bentuk aksi. Tujuannya membangkitkan kembali kesadaran teman-teman pemuda di kota Yogyakarta ini untuk kembali aktif di dalam kegiatan karangtaruna.

“Ini merupakan kegiatan awal, nanti puncaknya di awal bulan Maret rencananya kami akan mengadakan kegiatan deklarasi bersama untuk menolak segala bentuk kejahatan jalanan,” ujar Solihul. (Lintang ZN)

BERITA TERKAIT