Terkait Kekerasan Jalanan, Walikota Jamin Keamanan di Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Walikota Yogya Haryadi Suyuti menjamin keamanan serta kenyamanan bagi siapapun yang tengah berada di Kota Yogya. Dirinya bahkan menyebut tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan jalanan lantaran sepenuhnya akan diproses secara hukum.

Hal tersebut diungkapkannya usai melakukan rapat koordinasi yang melibatkan berbagai elemen mulai Polda DIY, Polresta Yogya, Kodim 0734 Yogya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogya serta beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di internal Pemkot Yogya. “Saya pastikan bahwa Yogya aman dan jangan pernah khawatir untuk berkunjung di Yogya. Kita semua di sini sudah membuat komitmen,” tandasnya usai rapat koordinasi, Selasa (12/4/2022).

Kejadian kejahatan jalanan beberapa waktu lalu di wilayah Gedongkuning yang menyebabkan korban meninggaldunia, menurut Haryadi, merupakan murni tindakan kriminal. Baik pelaku maupun korban sama-sama pelajar meski berbeda sekolah. Sebelumnya kedua kelompok sempat berselisih hingga terjadi aksi tawuran.

“Selama ini tidak ada korban acak, tapi akibat pergesekan antar kelompok remaja. Gesekan itu terjadi juga ada penyebabnya. Tapi kita upayakan hal semacam itu tidak boleh terjadi kembali,” tandasnya.

Haryadi mengaku salah satu kesepakatan yang akan dijalankan dalam waktu dekat ialah patroli rutin yang melibatkan semua unsur. Tidak hanya TNI dan Polri melainkan juga Sat Pol PP, Karang Taruna hingga organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan. Dirinya juga meminta masyarakat tidak main hakim sendiri ketika menemui pelaku kejahatan jalanan.

BERITA REKOMENDASI