Tertibkan Warga untuk Bermasker, Satpol PP Gunakan Pendekatan Humanis

YOGYA, KRJOGJA.com – Komandan Sat Pol PP Kota Yogya Agus Winarto, mengaku tim satgas penegakan terdiri dari berbagai unsur telah bekerja maksimal untuk memberikan pengertian kepada masyarakat akan bahaya Covid-19. Selain institusinya juga melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup. Pihaknya bahkan akan turut bekerja sama dengan Pemda DIY, Kepolisian dan TNI.

“Sejauh ini pendekatan kami kepada masyarakat lebih ke humanis untuk sadar dalam menggunakan masker. Ketika saat penegakan ada temuan warga tidak bermasker, tindakannya cukup teguran sudah bisa paham jika dirinya salah,” tandasnya, Jumat (10/7/2020).

Sedangkan kalangan DPRD Kota Yogya mengapresiasi terbitnya Perwal 51/2020. Hanya, penerapan sanksi terutama denda Rp 100.000 akan sulit diterapkan karena regulasi berupa perwal dasar hukumnya kurang kuat. Dewan bahkan mengusulkan agar materi dalam perwal itu ditingkatkan menjadi perda. Akan tetapi, pada masa darurat seperti ini memang dibutuhkan regulasi teknis sebagai pedoman masyarakat.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI