Tiga Destinasi Ini Jadi Penentu Nasib Industri Pariwisata DIY Kedepan

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga destinasi wisata di DIY yaitu Taman Tebing Breksi Prambanan Sleman, Gembira Loka Zoo Yogyakarta dan Hutan Pinussari Mangunan di uji coba penerapan protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi hari Selasa (14/9/2021). Uji Coba pembukaan usaha pariwisata taman rekreasi di daerah dengan PPKM Level 3 di Jawa ini diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan Penerapan Protokol Kesehatan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengakui telah menerima SE yang berisi 20 tempat wisata yang dipilih sebagai uji coba protokol kesehatan di masa PPKM Level 3, dimana tiga diantaranya ada di DIY yaitu Taman Tebing Breksi, Hutan Pinussari dan GL Zoo. Ketiga destinasi wisata yang terpilih untuk uji coba pembukaan tersebut telah memenuhi syarat protokol kesehatan CHSE, seluruh pengelola telah divaksin Covid-19 dan sebagainya.

“Kita lakukan uji coba teknis simulasi internal terlebih di tiga destinasi wisata tersebut setelah mendapatkan SE tersebut. Kita ingin memastikan scan QR Code aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan, arus masuk hingga keluar wisatawan, sistem reservasi menggunakan Visiting Jogja dan sebagainya. Kemungkinan tiga destinasi wisata tersebut hari ini baru dibuka bagi masyarakat umum dengan kapasitas 25 persen mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kemenparekraf,” paparnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (14/9/2021).

BERITA REKOMENDASI