Tiga Tenaga Kesehatan Kota Yogya Terkonfirmasi Positif Covid-19

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga orang tenaga kesehatan di Kota Yogya terkonfirmasi positif Covid-19. Ketiganya merupakan orang tanpa gejala (OTG) sehingga menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menyebut ketiganya bukan berada dalam satu layanan fasilitas kesehatan. “Satu orang merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas Kotagede I, dan dua orang lainnya tenaga kesehatan di RS Pratama,” tandasnya, Senin (24/8/2020).

Khusus dua orang tenaga kesehatan di RS Pratama, riwayat penularannya bukan dari pasien melainkan perjalanan luar daerah. Hal ini karena keduanya berasal dari Bantul dan Karanganyar dan kerap mengunjungi tempat tersebut. Kejadian tersebut juga tidak mengganggu aspek pelayanan di RS Pratama.

Berbeda dengan temuan di Puskesmas Kotagede I yang sempat dilakukan penutupan layanan selama satu hari, yakni pada Rabu (19/8/2020) lalu. Pasalnya, konfirmasi positif Covid-19 di puskesmas tersebut juga ditemukan pada salah seorang petugas keamanan. Riwayat penularannya pun didapat dari salah satu pasien yang tengah memeriksakan kandungannya secara rutin.

“Pasien itu asalnya dari Bantul dan sudah di uji swab oleh pemerintah setempat namun pada saat periksa kandungan secara rutin, hasilnya belum keluar. Begitu pasien itu ternyata positif, kami langsung lakukan ‘tracing’ di Puskesmas Kotagede I,” imbuh Heroe.

BERITA REKOMENDASI