Tim KKN-PPM UGM Gelar Webinar Tourism Talk 2021

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim KKN-PPM UGM ‘Aramoana Tanjung Bunga’ yang memiliki wilayah kerja di Desa Waibao, Tanjung Bunga, Flores Timur NTT menggelar webinar bertema ‘Tourism Talk: Meningkatkan Sektor Pariwisata Kabupaten Flores Timur NTT di Era Pandemi’, Kamis (19/8/2021).

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan semangat masyarakat untuk mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya yang sedang terpuruk karena pandemi.

Webinar menghadirkan pembicara Shana Fatina Sukarsono (Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores), Petrus Pemang Liku SSos MT (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur), Angel Virginia Boelan (4th Runner up Puteri Indonesia 2020 & Puteri Indonesia NTT 2020), Yudha Eka Nugraha SKesos MPar (Akademisi Politeknik Negeri Kupang) dan Julia Ratih Gita Dwiyana Sitompul (Putri Tenun Songket Indonesia).

Turut hadir pula Dr Ir Ambar Kusumandari MES (Kepala Subdirektorat Kuliah Kerja Nyata, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM).

Dalam webinar itu para pembicara sepakat bahwa bahwa patuh terhadap protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability), menggalakkan vaksinasi, dan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata merupakan cara meningkatkan sektor pariwisata di masa pandemi.

Selain itu integrasi semua sektor dan kerja sama adalah kunci untuk pariwisata Labuan Bajo di NTT(sebagai destinasi super prioritas) bisa bangkit kembali.

Shana Fatina Sukarsono mengomentari soal potensi travel bubble atau pengaturan perjalanan yang memungkinkan warga antar provinsi melakukan perjalanan untuk meningkatkan sektor pariwisata NTT selama pandemi.

Menurut dia NTT sangat berpotensi mengembangkan hal ini (travel bubble) tapi harus ditunjang kelengkapan fasilitas kesehatan di seluruh NTT, dikarenakan saat ini hanya berpusat di Kupang.

BERITA REKOMENDASI