Tol Baru Lewat DIY, Jangan Hanya Pariwisata Tapi Lalu-Lintas Perlu Disiapkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar rapat kerja bersama Pemda DIY dan Pemerintah Kabupaten/Kota DIY, Rabu (29/12/2021). Mereka membahas terkait penanganan lalu-lintas paska pembangunan tol baru yang melewati wilayah DIY yakni Yogya-Solo dan Yogya-Semarang.

Rapat di Kantor DPD RI Perwakilan DIY tersebut dihadiri stakeholder terkait seperti Komisi C DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemerintah DIY dan Kabupaten/Kota se-DIY, Ditlantas Polda DIY serta Polres Kabupaten/Kota se-DIY. Hadir dua anggota DPD RI yakni GKR Hemas dan Afnan Hadikusumo.

Hemas mengatakan adanya exit tol Boko menjadi peluang bagi pengembangan pariwisata di seputar Prambanan, Boko dan daerah-daerah di sekitar Gunungkidul. Oleh karena itu perlu dilakukan desain pengembangan kawasan tersebut melalui pembangunan rest area, optimalisasi moda transportasi publik serta perluasan ruas-ruas jalan Prambanan – Gading.

“Untuk itu perlu adanya dukungan pendanaan dari pusat untuk pengembangan ruas jalan Prambanan – Gading guna mendukung pengembangan pariwisata di wilayah Gunungkidul,” ungkap Hemas.

BERITA REKOMENDASI