TPA Piyungan Kembali Buka, Warga Tetap Harus Kurangi Sampah

YOGYA, KRJOGJA.com – Terhitung sejak Senin (13/4/2020) kemarin, seluruh sampah yang sempat ‘menginap’ di TPS maupun depo di Kota Yogya dipastikan sudah teratasi. Kendati demikian masyarakat tetap harus mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPS.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya Suyana, mengatakan pihaknya harus mengerahkan semua sarana pengangkutan sampah untuk menyelesaikan tumpukan di tiap depo. “Sebenarnya sejak Minggu (12/4/2020) kami sudah bisa setor ke TPA Piyungan, tapi hari ini (kemarin) kami pastikan semua yang ada di TPS maupun depo sudah bisa tertangani,” tandasnya.

Tumpukan sampah di tiap depo maupun TPS di Kota Yogya sempat terjadi selama tiga hari akibat penutupan TPA Piyungan. Akan tetapi kondisi itu tidak sampai menyebabkan gangguan lingkungan akibat bau maupun pembusukan sampah. Begitu TPA Piyungan kembali dibuka, seluruh armada pengangkut milih DLH Kota Yogya langsung dioperasikan.

“Total ada sekitar 14 armada yang kami kerahkan. Pokoknya semua kemampuan kami keluarkan. Hari Minggu (12/4/2020) kemarin sampai 90 kali rit perjalanan. Untuk hari ini tidak sampai segitu. Tapi rata-rata per hari paling tinggi hanya 60 kali rit perjalanan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI