TPA Piyungan Kembali Buka, Warga Tetap Harus Kurangi Sampah

Kendati kondisi sudah kembali normal, namun Suyana meminta masyarakat tidak lantas menganggap sepele sampah yang diproduksinya. Upaya pengurangan sampah sejak dari rumah harus tetap digalakkan dengan pengelolaan, daur ulang maupun pemilahan. Hal ini karena kondisi serupa di TPA Piyungan yang overload sangat mungkin terulang. Apalagi alat berat untuk mengurug sampah maupun memindahkan sampah di sana cukup terbatas dan kerap mengalami kerusakan.

Di samping itu ada beberapa armada dari berbagai daerah yang baknya terbuka dan belum memenuhi standar. Akibatnya, pembuangan sampah dari truk ke TPA Piyungan harus dilakukan manual sehingga menambah durasi. Lain halnya dengan armada dari Kota Yogya yang sudah dilengkapi dumptruck.

“Kalau armada dari kota yang ke TPA Piyungan hampir semuanya bisa kami akomodir. Armada kecil yang dikelola masyarakat tidak sampai 10 unit. Kebanyakan armada yang tidak standar justru berasal dari daerah lain yang belum bisa terakomodir dari kabupaten setempat,” urainya.(Dhi)

————-

Kedaulatan Rakyat (KR) membuka penggalangan dana ‘Dompet KR’ untuk membantu penanganan pasien Covid-19 maupun masyarakat yang terdampak. Para dermawan bisa berpartisipasi dengan cara menyerahkan donasi secara langsung ke Bagian Keuangan KR setiap hari kerja, pukul 09.30-13.30 (hari libur nasional dan Sabtu-Minggu tutup).

Atau transfer ke rekening BRI 0409.01.000135.304 atas nama PT BP Kedaulatan Rakyat.

(Mohon bukti foto transfer dikirim via WA ke 0812.2960.972)

BERITA REKOMENDASI