‘Tracing’ dan ‘Blocking’ Pilar Pengendalian Covid-19 di Perkantoran

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejak awal masa pandemi Covid-19, Balaikota Yogya dijadikan pedoman sekaligus percontohan dalam penerapan protokol pencegahan dan pengendalian penularan virus di komplek perkantoran. Selain menegakkan protokol, pilar utama pengendalian setiap temuan kasus ialah upaya ‘tracing’ dan ‘blocking’.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menyebut setiap kantor yang berada di komplek Balaikota sudah terbentuk satgas yang diketuai oleh pejabat teras di sana. “Begitu masuk komplek Balaikota sudah kami berikan imbauan terkait penerapan protokol. Termasuk ‘QR Code’ yang bisa dipindai oleh setiap pengunjung. Begitu masuk kantor tertentu pun ada petugas khusus yang akan memantau,” urainya, Kamis (22/10/2020) malam.

Satgas di tiap kantor tersebut bertanggung jawab atas terlaksananya protokol di lingkungannya. Sehingga ketika ada temuan kasus, pihak pertama yang ditracing ialah ketua satgas setempat. Terutama untuk menelusuri apakah protokol sudah dijalankan dengan baik atau belum. Selanjutnya memetakan orang-orang yang melakukan kontak erat untuk menentukan tindakan yang terukur.

BERITA REKOMENDASI