‘Tracing’ Harus Lebih Massif, Segera Fungsikan Shelter

YOGYA, KRJOGJA.com – Laju penambahan kasus Covid-19 di Kota Yogya dalam kurun waktu belakangan ini tergolong tinggi. Mayoritas merupakan orang tanpa gejala (OTG) sehingga butuh penanganan yang cepat dan tepat untuk pengendalian kasus. Salah satu upaya yang perlu dilakukan ialah memassifkan tracing kasus serta segera memfungsikan shelter bagi pasien OTG.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Yogya Bambang Anjar Jalumurti, menjelaskan pasien OTG sulit diketahui karena dari sisi fisik terlihat sehat. Akan tetapi jika virus yang terkandung bersifat infeksius maka rentan menjadi perantara penularan. “Bagi yang daya tahan tubuhnya bagus dan daya virus lemah, bisa jadi tidak bersifat infeksius. Tetapi itu pun juga susah diketahui. Sehingga akan lebih optimal jika yang OTG ini mendapat penanganan tepat melalui shelter,” tandasnya.

Dirinya pun mendukung langkah Pemkot yang tengah mengajukan izin penggunaan gedung baru milik pemerintah pusat dan belum termanfaatkan. Dari sisi fasilitas, gedung yang berada di wilayah barat itu sudah dilengkapi perabotan lengkap mulai dari tempat tidur serta meja kursi. Lokasinya juga terpisah dari perkampungan warga sehingga operasionalnya bisa lebih optimal.

Bambang yang duduk di Komisi D ini mengaku, pihaknya rutin menggelar koordinasi dan supervisi dengan Dinas Kesehatan selaku mitra kerjanya. Diakuinya, temuan kasus baru juga tidak lepas dari hasil tracing yang sudah dilakukan. Namun upaya penelusuran memang harus digencarkan agar dapat terpetakan kondisi yang sebenarnya di masyarakat.

“Keberhasilan tracing membutuhkan kerja sama kita semua. Masyarakat harus kooperatif dan gugus tugas juga konsisten. Semakin cepat diketahui kasusnya maka akan mempermudah pengendalian,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI