Trend Kasus Meningkat, Petugas Lab Bekerja Tanpa Libur

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi belum tahu akan kapan akan berakhir. Bahkan dalam beberapa waktu terakhir trend kasus positif di DIY cenderung mengalami kenaikan yang tergolong cukup signifikan. Untuk mengatasi kasus positif yang masih fluktuatif, tenaga medis maupun dinas kesehatan tidak bisa menyelesaikan sendiri.

Sebaliknya perlu dukungan berupa kesadaran dari masyarakat untuk dapat mencegah atau memutus rantai penularan Covid-19. Kerja sama antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penularan.

“Meski dalam beberapa waktu terakhir terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan, kami pastikan pemeriksaan di laboratorium tetap lancar dan tidak ada kendala. Bahkan untuk memberikan layanan yang terbaik, selain pemeriksaan dilakukan dalam 2 shift, petugas di laboratorium memutuskan tidak libur. Sehingga hasil sample bisa diketahui kurang dari 2×24 jam, bahkan ada yang sehari langsung jadi,” jelas Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Dr dr Irene MKM, Sabtu (12/6/2021) malam.

BERITA REKOMENDASI