Tri Mardoyo Diusulkan Maju Ajang ASN Inspiratif

Menurutnya, salah satu gagasan yang membutuhkan perjuangan panjang ialah membangun sistem YES 118. Gagasan itu muncul tahun 2006 ketika ada bidan praktek yang kesulitan saat hendak evakuasi pasiennya ke rumah sakit. Pada saat itu pihak rumah sakit baru bisa mengirimkan ambulan dua jam setelah laporan masuk. Sehingga bidan tersebut terpaksa mengevakuasi mandiri dengan armada seadanya agar bisa segera ditangani secara medis.

Munculnya keluhan dari bidan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan membangun sistem layanan kegawatdaruratan. Akan tetapi hal itu juga bukan perkara mudah karena daerah lain di Indonesia belum ada yang menerapkan. Apalagi muncul banyak cibiran dari koleganya jika gagasan tersebut sulit diwujudkan. “Dua tahun berselang, tepatnya tahun 2008 alhamdulillah dipayungi perwal. Sejak saat itu menjadi rujukan dari berbagai daerah dan masuk Top 99 Layanan Publik,” urainya.

YES 118 itu bahkan menjadi embrio terbentuknya PSC 119 yang digulirkan oleh pemerintah pusat. Sedangkan gagasan Rusela mampu meraih 33 Inovasi Terbaik, serta Si Kesi Gemes meraih layanan Germas Terbaik tingkat Kota.(Dhi)

ASN

BERITA REKOMENDASI