Tunggu Pusat, Pemda DIY Siapkan Vaksin Booster Sasar Warga Rentan

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menegaskan telah menyiapkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster dengan sasaran yang dibidik adalah warga rentan berupa warga lanjut usia (lansia) dan orang yang memiliki komorbid pada 2022 nantinya. Namun pemberian vaksin dosis ketiga tersebut masih menunggu arahan lebih lanjut alias lampu hijau kebijakan pemerintah pusat terkait dengan booster bagi lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.
” Kami berharap pemberian vaksin booster ini bisa dilakukan untuk semua sasaran di DIY nantinya. Tetapi memang vaksinasi booster akan dilakukan secara bertahap tahun depan, informasinya tahap awal sasaranya adalah warga yang rentan yaitu lansia dan orang yang mempunyai komorbid,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie kepada KR di Yogyakarta, Kamis (30/12/2021).

Pembajun menyatakan informasi secara informal yang diterimanya vaksin booster akan diberikan kepada lansia dan orang yang mempunyai penyakit penyerta terlebih dahulu sebab keduanya sangat rentan pada 2022. Dengan catatan orang yang dengan komorbid tersebut tetap harus dengan rekomendasi dokter jika mendapatkan suntikan vaksin booster.

“Kemungkinan yang komorbid kita arahkan di fasyankes yang sudah siap dengan peralatan dan kedaruratannya. Kemungkinan besar juga vaksin booster akan diberikan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memang mendapatkan bantuan,” tandasnya.
Kadinkes DIY ini menyebut vaksin booster yang sasarannya masyarakat umum kemungkinan tahun depan tetapi berbayar. Pihaknya memastikan meskipun dikenakan biaya untuk vaksin booster tetapi tidak mahal alias tidak memberatkan masyarakat hanya di kisaran Rp 200-an ribu dan cukup sekali suntikan booster.

 

“Booster baru diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan relawan kesehatan, dengan begitu booster bagi warga rentan terseb masih menunggu kebijakan dari pusat. Jenis vaksin Covid-19 yang disuntikan sebagai booster bebas sebenarnya, namun kita pakai Moderna untuk vaksin dosis ketiga sementara ini,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI