Umat Hindu Gelar UDG Nasional Secara Daring, 31 Provinsi Kirimkan Wakil Terbaik

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI menggelar ajang Utsawa Dharmagita (UDG) Nasional yang ke XIV tahun 2021 ini. Gelaran tiga tahunan tersebut diikuti 959 peserta dari 31 provinsi di Indonesia.

Dirjen Bimas Hindu, Dr. Tri Handoko Seto, S. Si, M. Sc mengatakan puncak acara (UDG) nasional tahun 2021 akan dilangsungkan pada bulan Agustus mendatang. Perlombaan tahun ini dilaksanakan secara daring tidak terpusat seperti sebelumnya lantaran pandemi Covid.

Kali ini, para peserta melakukan perekaman video dari tujuh jenis lomba yakni membaca sloka, lomba menghafal sloka, lomba lomba membaca palawakya, lomba membaca kekawin, Lomba Dharmawacana berbahasa Inggris, lomba Dharmawacana bahasa Indonesia dan lomba nyanyian keagamaan Hindu. Masing-masing jenis lomba akan dibagi dalam beberapa kategori dengan jumlah total menjadi 25 kategori lomba.

“Perekaman video peserta masing-masing daerah akan mulai dilakukan mulai akhir Juni 2021 dengan provinsi pertama yang akan melakukan perekaman video peserta lomba adalah Provinsi Sulawesi Utara dan Jawa Tengah pada tanggal 30 Juni 2021 kemarin, dilanjutkan Provinsi Papua dan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 1 Juli 2021 hari ini. Sedangkan Provinsi terakhir yang akan melakukan perekaman video peserta adalah Provinsi Banten dan Kalimantan Barat. Total ada 31 Provinsi yang ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan 3 tahunan ini dengan Provinsi Aceh, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah tidak ikut berpartisipasi,” ungkap Tri Handoko melalui rilis tertulis pada KRjogja.com, Kamis (1/7/2021).

BERITA REKOMENDASI