Upaya Pemulihan Ekonomi, Dorong Optimisme Konsumen di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Konsumen optimis kondisi perekonomian DIY akan membaik dalam kurun waktu enam bulan kedepan dengan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang masih terjaga di level positif. Responden memperkirakan hal ini dipengaruhi aktivitas kegiatan usaha dan mobilitas masyarakat yang berangsur normal didorong ekspektasi masyarakat terhadap respon Pemerintah terhadap penanganan Covid-19 dan ketersediaan vaksin yang menyebabkan tren pandemi melandai.

“Berkembangnya lini usaha baru yang didukung penguatan digitalisasi ditengarai akan meningkatkan peluang dan prospek dunia usaha ke depan. Sehingga dapat meningkatkan ketersediaan lapangan kerja yang tercermin dari menguatnya Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha menjadi 150,5 naik 3,0 poin (mtm) dan Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja menjadi 142,0 naik 2,0 poin (mtm),” papar Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Hilman Tisnawan kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Selasa (26/1/2021).

Hilman mengatakan survei konsumen BI DIY mengindikasikan tingkat keyakinan konsumen pada akhir tahun 2020 masih terjaga. Optimisme konsumen DIY kembali menguat dalam dua bulan terakhir sejak merebaknya pandemi Covid-19, meskipun sedikit terkoreksi di penghujung tahun. Hal ini diindikasikan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang melampaui threshold (>100) pada November 2020 sebesar 109,5 dan Desember 2020 sebesar 108,1 atau terkoreksi 1,40 poin-mtm.

BERITA REKOMENDASI