Usaha Belum Terapkan Prokes Bakal Kena Sanksi

YOGYA, KRJOGJA.com – Penegakan Perwal 51/2020 terkait pedoman penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19, mulai menyasar kalangan usaha. Unit usaha yang belum menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan benar, langsung dikenai sanksi.

Upaya penegakan tersebut dibarengi dengan edukasi akbar yang dilakukan oleh Sat Pol PP Kota Yogya. “Edukasi akbar itu sudah kami gelar pada Selasa (20/10/2020) yang lalu. Sasarannya unit usaha di sepanjang Jalan Taman Siswa. Kami namakan edukasi akbar karena banyak pihak yang terlibat mulai dari instansi kami, Dinas Kesehatan, kepolisian, puskesmas hingga elemen masyarakat,” urai Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Sat Pol PP Kota Yogya Bayu Laksmono, Rabu (21/10/2020).

Total ada 80 petugas yang terlibat. Meski sifatnya akbar, namun petugas dibagi dalam 14 tim sehingga meminimalisir terjadinya kerumunan. Sementara pelaku usaha yang disasar mencapai 140 unit. Jenis usahanya pun bervariasi mulai PKL, restoran, pertokoan, percetakan, olah dokumen dan lain sebagainya. Kawasan Jalan Taman Siswa tergolong wilayah strategis karena menjadi jalur pendidikan dan ekonomi.

BERITA REKOMENDASI