Usai Temui Sultan, Menaker Ungkap Bakal Review Ulang Kebijakan Jaminan Hari Tua

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pemerintah akan melakukan review pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 2 tahun 2022 tentang Jaminan Hari Tua (JHT). Masukan dari buruh dan permintaan Presiden Jokowi menjadi alasan Menaker melakukan review terkait aturan yang sedianya akan berlaku tiga bulan mendatang.

Kepada wartawan usai bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Menaker mengatakan pihaknya masih memiliki waktu tiga bulan untuk melakukan review pada peraturan tersebut. Menurut Ida, pemerintah berupaya memberikan jaminan yang bermanfaat untuk para pekerja yang mengalami PHK ataupun keluar dari pekerjaan.

“Pemerintah memberikan program baru yakni Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Ini kami melihat teman-teman yang mengalami PHK, membutuhkan jaminan yang memastikan keberlangsungan dia sampai mendapat pekerjaan baru. Ada training vokasi, cash money 45 persen dari gaji selama tiga bulan, dan tiga bulan berikutnya 25 persen dari gaji, lalu akses pasar kerja. Kami siapkan lembaga pelatihan kompeten bagi teman-teman yang mengalami PHK,” ungkap Ida.

BERITA REKOMENDASI