Vaksinasi Anak Mulai Suntikkan Dosis Kedua

YOGYA, KRJOGJA.com – Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Yogya selama dua hari ini sebagian mulai disuntikkan dosis kedua. Jeda waktu dari injeksi dosis pertama tetap sama dengan kalangan usia dewasa yakni minimal 28 hari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Yogya Lana Unwanah, menjelaskan pemberian dosis kedua bagi anak tersebut terutama yang mengikuti kick off pada 18 Desember 2021 lalu.

“Dulu kick off bersama dengan DIY dan sekarang kami fasilitasi vaksinasi yang kedua,” jelasnya di sela vaksinasi anak massal di Grha Pandawa Balaikota Yogya, Kamis (20/1/2022).

Vaksinasi massal untuk penyuntikan dosis kedua kemarin diikuti sekitar 1.500 anak. Pelaksanaan digelar dalam satu hari sejak pagi hingga jelang sore. Selama penyelenggaraan tidak ditemukan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) maupun kejadian luar biasa lainnya.

Lana menjelaskan, sejauh ini laporan KIPI yang diterimanya masih dalam kategori ringan yakni rasa nyeri di bagian yang terkena suntikan. Pihaknya pun berharap tidak ada KIPI berat karena jenis vaksin sudah melalui tahap pengujian klinis.

“Semuanya terkendali. Kendala paling juga tidak ada. Tapi kami senang melihatnya karena ada orangtua ikut mendampingi. Paling ada yang takut, nangis dan minta ditemani orangtua saat disuntik. Jadi relatif lancar,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI