Vaksinasi dan PeduliLindungi Andalan Pencegahan dan Penanggulangan Omicron

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY terus berupaya melakukan berbagai upaya antisipasi agar virus Covid-19 varian baru Omicron tidak masuk ke wilayah DIY. Percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan implementasi pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi merupakan jalan yang terbaik dalam kesiapan menghadapi varian baru ini.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) No. 440/7183/SJ terkait pencegahan dan penanggulangan virus Covid-19 varian Omicron serta penegakkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dengan pemberlakuan PPKM Mikro.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan seperti diketahui varian Omicron sudah masuk ke wilayah Indonesia akhir tahun lalu. Varian baru virus Korona tersebut setelah Delta memiliki tingkat mutasi yang sangat cepat sehingga harus berhati-hati dalam menghadapinya dan data efektivitas vaksin terhadap varian baru tersebut masih terbatas.

“Pemerintah pusat melalui Satgas menyampaikan satu-satunya yang bisa kita andalkan dalam rangka mencegah varian Omicron masuk salah satunya paling penting adalah vaksinasi Covid-19. Selain itu, mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi secara konsisten alias terus menerus jangan sampai lengah,” ujarnya di Yogyakarta, Minggu (2/1/2021).

BERITA REKOMENDASI