Wacana ‘Lockdown’ Harus Jadi Peringatan Keras Bagi Warga

Total ada delapan rumah sakit di Kota Yogya yang melayani perawatan pasien Covid-19. Heroe mengungkapkan peningkatan kasus Covid-19 di Kota Yogya sempat terjadi usai banyaknya libur sejak Agustus hingga Desember 2020 lalu dan berlanjut pada Januari 2021. Ketika kasus meningkat, jelasnya, protokol kesehatan diketatkan dan kasus pun pelan-pelan melandai namun ekonomi memang tidak berjalan optimal.

Ketika berbagai aktivitas diperkenankan untuk kembali dilakukan, kasus justru kembali meningkat tetapi ekonomi memang mengalami pergerakan. “Kalau terus menerus seperti ini, maka pandemi tidak akan pernah selesai. Satu-satunya cara untuk menekan persebaran adalah serempak melaksanakan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh. Jika tidak, maka tidak akan efektif,” terangnya.

Oleh karena itu, guna menghindari opsi ‘lockdown’ maka razia protokol kesehatan kini semakin digencarkan. Warga yang nekat beraktivutas tanpa mengenakan masker, tidak segan untuk dikenai sanksi di tempat. Begitu pula warga dari zona merah yang tidak dibekali identitas kesehatan dengan hasil negatif Covid-19, akan disuruh putar balik. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI