Wapres Maruf Amin Ingatkan Target Turunkan Stunting 14 Persen di 2024

Editor: Ary B Prass

Di sisi lain, Wapres memberikan pesan khusus kepada Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang ditunjuk menjadi menjadi Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021, untuk secepatnya melaksanakan koordinasi dengan seluruh jajaran terkait realisasi program-program di masyarakat. Wapres meminta konvergensi bisa terealisasi dari pusat hingga ke rumah tangga sehingga penurunan prevalensi stunting yang telah dilaksanakan selama ini bisa cepat.

“Pada kesempatan ini saya meminta, sebagai tugas pertama Kepala BKKBN, agar segera melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga yang terkait serta pemerintah daerah untuk memastikan konvergensi antar program dapat terealisasi, dari tingkat pusat hingga ke tingkat desa, bahkan hingga ke tingkat rumah tangga. Kita juga memahami bahwa pelaksanaan beberapa program pada tahun 2020 terpengaruh pandemi, terutama kegiatan layanan yang memerlukan interaksi langsung dengan masyarakat,” sambung Wapres.

Selama tujuh tahun terakhir, Indonesia berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 37,2 persen pada tahun 2013 menjadi 27,7 persen pada tahun 2019. Pada 2024 mendatang, ditargetkan angka prevalensi turun hingga menyentuh 14 persen. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI