Warga Isoman 30 Ribu Lebih, DPRD Setuju Hotel Mutiara Jadi Rumah Sakit Darurat Covid

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah pusat mendorong DIY menambah rumah sakit darurat karena kasus aktif yang masih tinggi hingga kini. Muncul beberapa opsi tambahan bed di antaranya eks Hotel Mutiara di kawasan Jalan Malioboro.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan pihaknya menyetujui langkah menambah ruang perawatan pasien Covid-19 untuk wilayah DIY. Saat ini menurut Huda, hanya 3.000 lebih shelter isolasi di DIY padahal jumlah warga yang melakukan isolasi mandiri masih sangat tinggi mencapai 30 ribu lebih.

“Kita memang butuh banyak ruang karena yang isoman saat ini 30 ribuan sedangkan kapasitas shelter baru 3000, ini hanya sepersepuluh. Kita mendukung penambahan rumah sakit darurat atau shelter terpusat agar kondisi warga yang positif ini terpantau. Jangan terjadi lagi saat ini ada yang meninggal saat isoman karena tidak terpantau,” ungkap Huda, Senin (2/8/2021).

Terkait peruntukan eks Hotel Mutiara yang dikhawatirkan tak sesuai karena dibeli untuk mall UMKM, Huda menilai hal tersebut tak perlu dikhawatirkan saat ini. DIY kini tengah berada pada kondisi darurat di mana kasus positif masih terus bertambah, berdasar data Dinkes DIY Minggu (1/8/2021) kasus aktif 37.019.

“Ini kondisi darurat silahkan, karena lebih penting penanganan terlebih dahulu. Nanti ketika sudah selesai baru kita berpikir untuk UMKM. Saat ini terpenting penanganan kasus agar bisa segera terselesaikan,” tegas Huda.

BERITA REKOMENDASI