Wisatawan Mulai Abai, Dispar DIY Tak Kendorkan Prokes di Destinasi Wisata

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY sampai saat ini tidak pernah mengendurkan aturan protokol kesehatan (prokes) di semua tempat wisata di DIY. Kendati demikian, Dinas Pariwisata DIY tidak dapat memungkiri jika wisatawan maupun pengelola wisata sendiri mulai mengabaikan beberapa aturan prokes.

“Kalau soal prokes, sampai sekarang kita belum kendurkan. Memang perlu kita ingatkan lagi soal prokes, baik wisatawan maupun pengelola pariwisata karena saat ini destinasi yang dikunjungi justru yang taat prokes. Alasannya mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo di Yogyakarta, Selasa (2/8/2022) malam.

Menurut Singgih, beragam bantuan diberikan bagi tempat-tempat wisata untuk dapat menjalankan prokes saat pandemi agar dunia pariwisata DIY kembali hidup. Guna mendukung penerapan Prokes di tempat wisata bisa terus berjalan, pihaknya telah meluncurkan dana hibah di akhir tahun 2021 lalu.

“Dana itu diberikan kepada 163 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Dengan dana itu pemeliharaan sarana prasarana di tempat-tempat wisata dilakukan. Dana ini kita berikan memang untuk memastikan sarana prasarana dalam kondisi baik dan dapat difungsikan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI