Wisatawan Mulai Padati Yogyakarta, Jadi Angin Segar Bagi Para PKL di Kawasan Malioboro

Editor: Ary B Prass

Ketua Koperasi Paguyuban PKL Malioboro Tri Dharma Rudiarto menyampaikan setidaknya hampir seluruh PKL yang berjumlah lebih dari 2.000 PKL di sepanjang Malioboro telah berjualan saat ini. Selain sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah baik pusat maupun daerah, para pedagang PKL bisa beroperasional kembali berkat uji coba terbatas pembukaan destinasi wisata di DIY.

” Paguyuban Tri Dharma yang memiliki setidaknya 907 anggota pun sudah buka saat ini, sebab sudah ada pengunjung yang masuk. Apalagi orang nomor satu di Indonesia, Bapak Presiden Joko Widodo telah berkunjung langsung ke Malioboro sekaligus menyerahkan bantuan tunai bagi PKL dan warung. Hal ini menjadi momentum penting sekaligus menunjukan pariwisata di DIY sudah dibuka dan aman dikunjungi wisatawan,” terangnya.

Rudiarto mengungkapkan setidaknya lebih dari 90 persen para PKL di Kawasan Malioboro telah divaksinasi Covid-19 baik dosis pertama maupun dosis dua dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan kesiapan inilah, seluruh PKL Malioboro siap menyambut kunjungan wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat dan penuh kehati-hatian.

” Kunjungan Presiden Jokowi ini menjadi promosi yang bagus bagi pariwisata Kota Yogyakarta yang aman dikunjungi wisatawan, khususnya kawasan Malioboro. Dengan demikian diharapkan wisatawan akan semakin banyak berkunjung ke Malioboro sehingga otomatis menghidupkan kembali aktivitas usaha PKL,” pungkasnya. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI