WNA Dilarang Masuk Indonesia, Pariwisata DIY Tidak Terdampak

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah mengeluarkan larangan masuknya Warga Negara Asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia pada 1 sampai 14 Januari 2021. Hal ini terkait temuan varian baru virus Korona yang lebih cepat menular yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 4 tahun 2020. Sementara itu, pemerintah memberikan aturan khusus bagi WNA yang masuk ke Indonesia hingga 31 Desember 2020 yang diwajibkan untuk memiliki hasil tes RT-PCR di negara asal berlaku 2×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Menanggapi regulasi tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo menyampaikan travel ban ke Indonesia bagi WNA yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tersebut tidak terlalu berdampak terhadap industri pariwisata DIY. Sebab kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) bisa dibilang sangat kecil dan masih ditutupnya border antar negara sehingga tidak ada penerbangan internasional langsung selama pandemi Covid-19.

“Wisman sendiri belum percaya diri berkunjung ke negara lain dan dari negaranya sendiri belum memperbolehkan melakukan kunjungan ke Indonesia. Jadi larangan WNA ke Indonesia yang dikeluarkan Kemenlu mulai 1 hingga 14 Januari 2021 mendatang tidak berpengaruh terhadap pariwisata di DIY,” tandasnya kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Minggu (3/1/2020).

BERITA REKOMENDASI