Wow.. Bendung Lepen Gajah Wong Dipenuhi Ribuan Ikan Nila

YOGYA, KRJOGJA.com – Bendung Lepen Sungai Gajah Wong di kawasan Mrican, Giwangan Umbulharjo Kota Yogyakarta beberapa waktu terakhir menjadi perhatian masyarakat. Betapa tidak, selokan yang melintasi bantaran sungai berdekatan dengan pemukiman warga ini tampak begitu bersih dan menjadi tempat wisata.

Ribuan ikan nila dan tombro dengan lincah berenang-renang di selokan Bendung Lepen sepanjang 80 meter tersebut. Warna oranye ikan mendominasi selokan irigasi sawah di Bantul ini yang kemudian menjadi menarik untuk disaksikan.

Jernihnya air yang mengalir membuat warga dan pengunjung tak segan untuk menceburkan diri mandi di saluran air yang hanya setinggi setengah meter tersebut. Adanya sekat sampah membuat anak-anak lebih aman bermain air di bagian yang tak sedang digunakan untuk membudidaya ikan.

Suradianto, Karang Taruna Mrican Giwangan menceritakan pembenahan Bendung Lepen dimulai sejak 2017 lalu saat warga merasa perlu adanya pembenahan lingkungan. Berselang dua tahun tepatnya 2019, barulah para pemuda dibantu warga setempat memasang sekat-sekat untuk sampah agar air yang mengalir di Bendung Lepen semakin bersih.

“Lalu muncul ide warga, untuk menebar benih ikan, dipilih nila dan tombro. Ditebarlah 1,5 kuintal benih dan ternyata menarik orang untuk datang. Mulai sejak itu datang 50 orang sehari, terus tambah sampai sekarang,” ungkapnya ketika berbincang, Rabu (15/7/2020).

BERITA REKOMENDASI