‎Stimaryo Siapkan Lulusan Hadapi Era Society 5.0

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – ‎Keselamatan civitas akademika selalu menjadi prioritas bagi Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (Stimaryo)‎. Kondisi tersebut menjadikan Stimaryo selalu mengedepankan Prokes, tapi tetap menjaga semangat dan kualitas akademik. Karena seluruh proses akademik dilakukan melalui standarisasi dan quality assurance yang telah ditetapkan. Untuk itu ‎dalam wisuda program diploma III yang rencananya dilakukan pada hari ini Sabtu (02/10/2021),‎ Stimaryo sepakat mengadakan secara Luring terbatas dengan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.

“Meski saat ini pemerintah sudah mulai melakukan beberapa pelonggaran, tapi kami selalu berupaya untuk menegakkan Prokes. Untuk itu acara wisuda kali ini sengaja kami kemas secara luring terbatas. Kami bersyukur dan mengapresiasi capaian prestasi yang diperoleh para wisudawan. Apalagi dalam wisuda kali ini ada lulusan yang IPKnya mencapai 4.0 (Suma Cumlaude) atas nama Salmiya Nur Alfathia Artanti‎,” kata Ketua Stimaryo‎ Dr Wegig Pratama, MPd di Yogyakarta, Jumat (01/10/2021).

Wegig menyatakan, ‎sudah lebih dari satu tahun, berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Stimaryo dilaksanakan dengan mengedepankan cara-cara daring, dan memberi izin kegiatan luring secara selektif. Kebijakan ini ditempuh sebagai bentuk trade-off antara tingkat capaian kinerja dan tingkat keselamatan. Pihaknya senantiasa berupaya agar trade-off tersebut berada pada tingkat yang optimal, sehingga mencapai lulusan yang siap bersaing didunia kerja dan siap untuk menghadapi era society 5.0.

“Masyarakat di era 5.0 memusatkan segala kegiatannya dengan aplikasi teknologi digital. Persiapan era society 5.0 di dunia kemaritiman menyebabkan terjadinya perubahan fundamental terutama dari aspek SDM-nya. Hal tersebut merupakan syarat mutlak bagi Stimaryo dalam menyiapkan lulusan yang siap beradaptasi terhadap perubahan pada era ini,” paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia Benny Hartanto, MM, MSc menyatakan,untuk pertama kalinya penyelenggarakan Diploma III di Stimaryo dilakukan secara Luring terbatas. Semua itu dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban Institusional Akademik kepada masyarakat khususnya orangtua yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada Stimaryo.

“Wisuda kali ini diikuti sebanyak 221 orang. Untuk lulusan terbaik periode ini diraih oleh Salmiya Nurfathia Artanti IPK 4,00. Selain itu wisudawan yang berprestasi lainnya adalah I‎khsan Tri Ramadhan dengan IPK 3,75 dan Abu Musa Al Anshori dengan IPK 3,88‎,”terangnya.‎ (Ria)

BERITA REKOMENDASI