1.083 Pohon Ganja Temuan di Purwakarta Dimusnahkan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jajaran Polresta Yogyakarta memusnahkan 1.083 batang pohon ganja yang merupakan barang bukti hasil dari kasus penyalahgunaan barang haram tersebut, Selasa (05/03/2019). Ribuan batang pohon ganja ini diperoleh petugas dari pengembangan yang dilakukan sehingga berhasil menemukan pohon ganja yang ditanam pada lahan seluas 1,5 hektar di Kampung Nedang Kutamanah Sukasari Purwakarta Jawa Barat (Jabar).

Kapolresta Yogya, Kombes Pol Armaini mengungkapkan penemuan ribuan batang pohon ganja ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukan jajarannya. Pengungkapan kasus ini bermula ketika anggota Satres Narkoba DIY membongkar jaringan pengedar ganja dan berhasil mengamankan AS di wilayah Sleman, Rabu (13/02/2019) sore.

Dari tangan AS berhasil ditemukan 101 paket ganja kering siap. Berdasarkan keterangan AS diketahui baran harap tersebut didapatnya dari tersangka lain. "Setelah diselidiki ternyata barang bukti yang disita ini ia dapatkan dari tersanka YA asal Karawang Jawa Barat," kata Armaini usai pemusnahan barang bukti ganja di Lapangan Kenari Yogyakarta, Selasa (05/03/2019).

Polisi segera memburu keberadaan YA di Karawang hingga akhirnya pemuda tersebut berhasil dibekuk di rumahnya kawasan Gintungkebon Gintungkerta Klari Jawa Barat. Dari YA petugas tak menemukan ba rang bukti apapun.

“Namun anggota berhasil menemukan bukti transaksi ganja dengan tersangka lain yakni EY yang tersimpan di handphone milik YA. Anggota selanjutnya memburu EY dan berhasil menangkapnya di Jalan Curug Kosambi Karawang Jawa Barat," katanya.

Petugas melakukan penggeledahan di rumah tersangka EY dan didapatkan barang bukti 95 paket ganja yang sudah dibungkus koran siap edar. Menurutnya tanaman ganja yang akan di edarkan merupakan hasil tanam sendiri dari ladang yang berada di daerah Purwakarta.

Satres Narkoba Polresta Yogyakarta bersama tim gabungan segera menelusiri pengakuan tersangka sehingga berhasil ditemukan pohon ganja tertanam di lahan seluas 1,5 hektar. Di lahan seluas tersebut ganja siap panen ditanam dalam polybag dan rata-rata tiap batangnya telah memiliki tinggi antara 1-3 meter. (Ive)

BERITA REKOMENDASI