10 Atlet DIY Dipanggil Pelatnas, Panahan dan Voli Pasir Diminta Tembus Olimpiade

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sepuluh atlet DIY dari tiga cabang olahraga yakni panahan, voli pasir dan balap sepeda dipanggil mengikuti Pelatnas tim Indonesia. Mereka berpamitan dan mendapatkan tali asih dari KONI DIY, Senin (17/5/2021) siang sebelum bertolak ke pemusatan pelatihan di Jakarta.

Liontin Evangelina Setiawan (Balap Sepeda), Titik Kusumawardani, Hendra Purnama, Arif Dwipangestu, Risnawanto Putra Aditya, Prima Wisnu Wardana, Baihaqi Mustafa Surya, dan Rahmat Sulistyo (official) (Panahan), Ade Candra, Gilang Ramadhan dan Ilham Akbar (Voli Pantai) mendapat pemanggilan dari tim nasional. Mereka dipersiapkan untuk event internasional seperti Olimpiade Tokyo dan Sea Games Vietnam tahun ini.

Ketua Umum KONI DIY, Prof Djoko Pekik Irianto, yang melepas langsung mengatakan hal tersebut menjadi kebanggaan bagi DIY karena para atlet dan pelatih mendapatkan kesempatan untuk memperkuat Indonesia. Djoko berharap, para atlet bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga bisa mendulang prestasi di event internasional.

“Mereka ini bersiap untuk Sea Games Vietnam dan Olimpiade Tokyo (Juli-Agustus) mendatang juga Sea Games (November). Kami berharap, para atlet bisa lolos dan berlaga di Tokyo,” ungkap Djoko pada wartawan.

Djoko mengatakan para atlet selama ini sudah berkorban luar biasa dengan berlatih tak mengenal waktu. KONI DIY berharap kesempatan yang datang untuk berlatih bersama timnas bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Secara khusus, KONI DIY berharap para atlet bisa menembus Olimpiade dan bertanding dalam kejuaraan multi even tertinggi dunia itu. Terlebih, panahan dan voli pasir yang selama ini sudah cukup banyak makan as garam di event-event dunia.

“Pola pikir teman-teman ini harapannya bisa lebih tinggi, levelnya harus jauh lebih tinggi yakni paling tidak Sea Games, tak lagi cukup dengan Porda atau PON saja. Kami berupaya membantu dari sini, misalnya yang masih kuliah atau sekolah dan bekerja agar tak terkendala. Bisa fokus ke pelatnas dan prestasi, namun kewajiban di sini tidak terkendala,” lanjut dia.

Sementara, Gilang Ramadhan, salah satu atlet Voli Pasir, mengaku siap menjalani latihan di timnas. Ia bersama kolega akan berlatih di Sentul Bogor dan berniat lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo dan mendulang medali di Sea Games Vietnam.

“Kami meminta doa restu dari warga DIY untuk melaksanakan pelatnas di Jakarta. Kami akan berusaha sebaik mungkin mempersembahkan prestasi Indonesia sekaligus membawa nama baik DIY,” ucap Gilang. (Fxh)

Atlet DIY yang dipanggil timnas berpamitan ke KONI DIY (Harminanto)

BERITA REKOMENDASI