10 Gempa Guncang Jateng-DIY-Jatim dalam Sepekan, Ini Penyebabnya

YOGYA,KRJOGJA.com – Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta mencatat terdapat 10 kali gempa bumi yang terjadi di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya dalam sepekan terakhir. Dari 10 gempa bumi itu, disebabkan oleh aktivitas subduksi.

Kepala Stasiun Geofisika kelas I Yogyakarta, Agus Riyanto, mengatakan dalam catatan periode 27 September sampai 03 Oktober 2019 tidak ada getaran yang dirasakan.

BACA JUGA :

Ternyata Dua Gempa Bumi Guncang DIY Dini Hari dan Pagi Tadi

Gempa Bumi 3,1 SR Guncang Wilayah Gunungkidul

 

"Gempa bumi yang terjadi adalah jenis dangkal. 5 gempa bumi dengan kekuatan antara 3-4 magnitude, 5 lainnya kurang dari 3 magnitude," kata Agus dalam keterangannya. Selasa (08/10/19).

Dalam catatannya, ada dua gempa bumi kedalaman pusat gempa kategori menengah, antara 60-300 kilometer. Sedangkan gempa bumi dengan pusat gempa kategori dangkal, yakni kurang dari 60 kilometer terjadi sebanyak delapan kali.

Rinciannya gempa pada sepekan, tanggal 27 September 2019 sebanyak 5 kejadian, 28 September 1 kali kejadian, 28 September satu kali, tanggal 30 September 1 kali, dan 01 Oktober sebanyak dua kali kejadian. "Dari sebaran hiposenter Gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi dan sebagian akibat pergerakan sesar lokal," jelasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI