10 Rumah Sakit DIY Terima Bantuan APD

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19 DIY terus berdatangan. Sebanyak 1.000 APD diberikan untuk 10 rumah sakit rujukan DIY hasil donasi dari PT Bluebird Tbk, Yayasan Sekar Arum Sejati, PH&H gyakarta, Senin (20/04/2020).

GKR Mangkubumi, Ketua Yayasan Sekar Arum Sejati mengungkap saat ini seluruh pihak harus berperan dalam penanganan Covid-19. Ia berharap bantuan yang tak besar bisa bermanfaat untuk tenaga medis yang menjadi garda depan penanganan pasien infeksi tersebut.

“Tenaga kesehatan di rumah sakit merupakan salah satu yang penting harus diperhatikan. Namun kami akan terus bergerak dan menggandeng banyak pihak untuk bekerjasama. Di jalanan masih banyak masyarakat kurang beruntung dan harapannya kita bisa bantu bersama termasuk buruh-buruh di pasar,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan seluruh bantuan langsung didistribusikan ke-10 rumah sakit rujukan. Masing-masing rumah sakit mendapatkan 100 APD yang diharapkan bisa memberikan keamanan bagi tenaga kesehatan yang bertugas.

Pembajun mengungkap kebutuhan APD memang jadi yang utama bagi tenaga kesehatan. Pasalnya, Dinkes tak ingin ada tenaga kesehatan yang tertular lantaran tak mengenakan pakaian lengkap pelindung diri.

“Kebutuhan saat ini paling tidak kita perlu 2000 coverall (APD) untuk seminggu. Itu untuk 27 rumah sakit rujukan belum lagi di kabupaten kota juga. Karena itu APD hal yang penting untuk tenaga medis. Kita setuju dan menerapkan no coverall no service. Bantuan ini langsung kami salurkan pada tenaga medis,” ungkap Pembajun. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI